Spanram? Apaan Tuh?

Selamat pagi sahabat Artistik Spanram....
Salam sejahtera buat kita semua... 

Mungkin sebagian di antara kita sudah akrab dengan istilah spanram. Pelukis sudah hampir pasti. Kenapa hampir pasti, karena tidak semua pelukis memakai kanvas, yang dalam penggunaaannya akan membutuhkan spanram untuk membentangkannya sebelum siap dilukis. Sementara pelukis cat air misalnya, yang medianya adalah kertas, tidak mebutuhkan spanram. Atau pelukis kaca, yang medianya berupa kaca, juga tidak pernah bersentuhan dengan spanram sepanjang proses berkaryanya. Lukisan cat air atau lukisan kaca akan langsung diframe begitu selesai proses pembuatannya. 

Nah, ngomongin  "frame", atau pigura/bingkai, masih banyak yang mengira bahwa spanram sama dengan frame. Padahal ya beda banget. Spanram adalah batangan kayu yang disambung membentuk segi empat (biasanya) untuk membentangkan kanvas/kain. Pada umumnya pelukis membentangkan kanvas sebelum dilukis. Tapi dari pengalaman kami, banyak juga permintaan memasang kanvas pada spanram, kanvasnya sdh berupa lukisan. Hal seperti ini biasanya datang dari klien yang bukan pelukis, tetapi memiliki lukisan yg belum ada spanramnya. 

Selain pelukis, istilah spanram juga biasanya cukup akrab buat para pemilik/operator digital photo lab dan fotografer. Belakangan ini masyarakat secara umum gemar mencetak foto dalam ukuran besar di atas kanvas/vynill. Biasanya foto2 tersebut akan dipasang di spanram dan langsung digantung di dinding tanpa di-frame lagi. Hemat biaya tentunya. Apalagi teknik digital memungkinkan pemasangan gambar frame (template) pada pinggiran foto yang dicetak, sehingga membuat penampilan bisa lebih rapi dan bagus...

Bagaimana cara memasang kanvas/digital photo pada spanram? Cukup bermodal tarikan kanvas, staples tembak dan tenaga yang cukup kuat :-) Dan ketrampilan serta pengalaman yg cukup tentunya. Karena tanpa ketrampilan dan pengalaman yg cukup untuk memasang kanvas pada spanram (apalagi untuk ukuran besar), hasil yg diperoleh bisa jauh dari yang diharapkan. Yang paling sering terjadi adalah beberapa bagian kanvas cukup kencang tarikannya, bagian lain agak kendur. Kalau sudah begitu nggak ada cara lain selain mencopotnya dan memasangkan kembali. 

Di bawah ini adalah foto proses pemasangan kanvas pada spanram.







Semoga informasi sederhana ini berguna.....
Jangan ragu menghubungi kami bila membutuhkan informasi seputar spanram dan kanvas...

Salam Kreatif
Admin

 

   


Comments